Cara Memperbaiki Aki Kering yang Mati atau Soak

Diposting pada

Cara Memperbaiki Aki Kering yang Mati – Pada saat sekarang ini kebanyakan motor sudah menggunakan aki kering sebagai bahan energi kelistrikan pada motor mereka, namun terkadang ada saja kendala yang dialami pada aki kering di motor misalnya tiba-tiba aki kering menjadi mati atau soak, inilah yang harus bisa diatasi oleh pengguna sepeda motor, setelah sebelumnya pernah dibahas tentang cara ngecas aki kering sendiri, maka pada kali ini akan dibahas cara memperbaiki aki kering yang mati atau aki kering soak.

Cara Memperbaiki Aki Kering yang Mati
Cara Memperbaiki Aki Kering yang Mati atau soak

Apabila memiliki budget berlebih maka langsung saja membeli aki yang baru untuk mengganti aki yang lama yang sudah soak, langsung saja pasang lalu motor di starter langsung nyala, namun tidak semua memiliki dana berlebih oleh karena itu dia akan mencoba memperbaiki aki kering yang mati, dia berpikir gimana caranya agar aki kering ini dapat berfungsi kembali seperti sediakala, namun sebelumnya harus tahu cara memperbaiki aki kering yang tekor.

Cara memperbaiki aki kering yang mati atau servis aki kering soak

Sebelum memulai cara memperbaiki aki kering yang mati atau aki kering soak, anda sebaiknya siapkan alat dan bahan dibawah ini:

  1. Air aki. Pastikan anda membeli dengan benar yaitu air yang biasanya digunakan untuk mengisi aki baru, bukan air penambah cairan aki.
  2. Obeng minus atau pencukit yang memungkinkan untuk digunakan sebagai pembuka cover bagian atas aki kering.
  3. Suntikan tinta printer atau jarum suntik untuk memasukkan air zuur kedalam box aki.
  4. Persiapkan kain lap untuk berjaga jaga jika ada cairan yang menetes atau tumpah.

Tahapan cara memperbaiki aki kering yang mati atau soak

  • Langkah pertama, siapkan aki kering yang akan diperbaiki dan usahakan dibersihkan terlebih dahulu dari kotoran debu yang menempel pada bodi aki menggunakan air hangat agar kotoran bisa dengan mudah terlepas.
  • Kedua, buka penutup bagian atas dengan obeng minus dengan hati hati jangan sampai ada bagian yang robek atau pecah. Biasanya tutup merekat dengan kuat karena dari pabrik sudah di lem untuk mencegah kebocoran.
  • Temukan tutup kecil dari karet bulat biasanya terdapat 3 buah tutup untuk aki ukuran kecil dan bisa lebih banyak untuk ukuran aki dengan ampere yang besar.
  • Siapkan air aki kedalam suntikan dan anda bisa mulai memasukkan cairan zuur pada setiap lubang yang ada secara hati hati dengan ukuran maksimal 1 cm di bawah lubang jangan sampai terlau penuh.
  • Tutup kembali lubang dan pastikan telah terturup dengan rapat jangan sampai ada indikasi kebocoran atau merembas.
  • Posisikan penutup body pada kedudukan semula sampai terlihat rapi dan rapat. Jika karena proses membuka yang tadinya secara paksa telah menimbulkan kelonggaran, anda bisa memberinya lem plastic atau lem tembak untuk membantu melekatkannya secara sempurna.
  • Aki kering sudah siap untuk dilakukan cas untuk pengisian tegangan dengan cara menghubungkan pada motor atau mobil yang sudah bisa menyala agar aki yang baru diperbaiki ini mendapatkan tengangan inject awal sebagai starter. Ada pilihan lain yaitu dengan melakukan pengecasan menggunakan trafo cas untuk pengisian awal yang lebih cepat.
  • Cek kembali apakah aki sudah memiliki muatan tegangan, jika sudah, anda bisa langsung memasang kembali pada mobil maupun motor yang di kehendaki kemudian lakukan starter untuk menyalakan mesin. Jika mesin telah berhasil di nyalakan, supaya dibiarkan pada posisi stationer hingga minimal 15 menit untuk menyesuaikan tegangan mengisi aki dengan stabil.

pastikan anda melakukan pengecasan terlebih dahulu sebelum anda gunakan, agar tegangan bisa terisi penuh secara maksimal.

Baca juga: Harga aki motor

Demikianlah info tentang cara memperbaiki aki kering yang soak, sekarang setelah anda mengetahui cara memperbaiki aki kering yang mati maka anda bisa mengehemat uang anda untuk membeli keperluan yang lebih penting lagi, cara diatas bisa juga untuk cara memperbaiki aki kering yang lemah ataupun cara memperbaiki aki kering yang ngedrop, sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *