Fungsi & Komponen poros engkol

Diposting pada

Pada pelajaran otomotif ini kita akan mempelajari Fungsi & Komponen poros engkol. Sebelum mebahas lebih lanjut anda harus tahu fungsi dari poros engkol Fungsi poros engkol yaitu mengubah gerak naik turun atau lurus piston hingga menjadi gerak putar.  Poros engkol merupakan salah satu bagian komponen penting dari suatu mesin, selain berfungsi merubah gerak bolak balik piston menjadi gerak putar, poros engkol sanggup menerima beban dan tekanan yang sangat tinggi dari hasil pembakaran oleh piston sebab itu poros engkol sebaiknya terbuat dari bahan berkualitas, sangat kuat dan tahan lama.

fungsi poros engkol
gambar poros engkol sepeda motor

Fungsi poros engkol

Poros engkol (bahasa Inggris: crankshaft, biasanya mekanik juga menyebutnya kruk as) adalah sebuah bagian pada mesin yang mengubah gerak vertikal/horizontal dari piston menjadi gerak rotasi (putaran). Untuk mengubahnya, sebuah crankshaft membutuhkan pena engkol (crankpin), sebuah bearing tambahan yang diletakkan di ujung batang penggerak pada setiap silndernya.

Perlu anda ketahui bahwa poros engkol atau crankshaft terbuat dari bahan baja karbon tinggi. Poros engkol terletak pada diantara blok silinder dan bak oli yang terhubung langsung dengan roda gila dan batang torak. Putaran dari poros engkol dilanjutkan ke roda gila dan selanjutnya kopling yang akan segera memegang kendali, apakah putaran akan di sambungkan atau di putuskan ke transmisi.

Komponen poros Engkol :

  1. crank pin
  2. crank journal
  3. crank arm
  4. crankshaft bearing / lager
  5. balance weight
  6. lubang oli

Bentuk dan konstruksi poros engkol ditentukan oleh banyaknya silinder dan urutan pengapian atau firing order ( FO ) dan faktor yang harus diperhatikan adalah getaran akibat proses pembakaran di dalam silinder.

Demikianlah info dari kami tentang fungsi poros engkol, semoga artikel yang singkat ini bisa meningkatkan pengetahuan anda dalam bidang otomotif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *