Bacaan Doa Dan Tata Cara Ziarah Kubur Menurut Islam

Diposting pada

Bacaan Doa Dan Tata Cara Ziarah Kubur Menurut Islam – Alhamdulillah segala puji hanya milik allah ta’ala yang telah menghidupkan dan mematikan mahluknya yang patut kita sembah dan tidak menduakan hanya padanya kita beribadah, sholawat serta salam selamanya semoga dilimpahkan pada junjungan nabi tercinta muhammad salallahu alaihi wassalam, kepada keluarga sahabat dan tabiin serta tabiut tabiin yang selalu setia mengikuti ajaran yang telah beliau ajarkan hingga sampai kepada generasi kita sekarang ini.

Bacaan Doa Dan Tata Cara Ziarah Kubur Menurut Islam
Bacaan Doa Dan Tata Cara Ziarah Kubur Menurut Islam

Termasuk hal yang baik jika kita bisa mendoakan,almarhum almarhumah,almagfurllah,kerabat,sahabat,keluarga atau siapa saja sesama yang telah meninggal dunia dengan bacaan doa-doa yang telah diajarkan menurut syariat agama. Akan tetapi sebaliknya ironis ketika kita tidak bisa mendoakan karena belum hapal dan belum tahu bacaan doanya.

Akan kami bahas hari ini tentang Bacaan Doa Dan Tata Cara Ziarah Kubur Menurut Islam semoga ada hikmah dan barokahnya khusus dengan sajian bacaan doa ziarah kubur menurut islam lengkap dapat membantu sahabat pengunjung setia blog ikhtiar.co ini untuk menghapal dan tahu bagaimana manfaat dari apa yang kita lakukan serta bacaan apa yang harus dibaca saat ziarah kubur. untuk lebih jelasnya simak pemaparannya berikut ini.

Tata Cara Ziarah Kubur

Sebelum kita melaksanakan ziarah kubur sebaiknya kita mempunyai wudhu dan menggunakan pakaian yang sopan rapi bersih tidak mencolok, berikut bacaan :

Pertama ketika kita datang ke kuburan.

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنِينَ، وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللهُ بِكُمْ لَاحِقُونَ

ASSALÂMU ‘ALÂIKUM DAARO KAOMIN MUMININ  WAINNA INSYÂALLÂHU BIKUM LÂHIQÛN.

Artinya : Keselamatan untuk kalian, wahai penghuni rumah kaum mukiminin. kami insyaa allah akan menyusul kalian.

Atau bisa juga dengan bacaan yang ini

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ، وَيَرْحَمُ اللهُ الْمُسْتَقْدِمِينَ مِنَّا وَالْمُسْتَأْخِرِينَ  وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللهُ بِكُمْ لَلَاحِقُونَ أَسْأَلُ اللهَ لَنَا وَلَكُمُ الْعَافِيَةَ

ASSALAMU ’ALAIKUM AHLAD-DIYAAR MINAL MU’MINIINA WAL MUSLIMIIN. YARHAMULLOOHUL MUSTAQDIMIINA MINNAA WAL MUSTA’KHIRIIN.WA INNA INSYAA ALLOOHU BIKUM LA-LAAHIQUUN WA AS ALULLOOHA LANAA WALAKUMUL ‘AAFIYAH.

Artinya :  Semoga keselamatan tercurah kepada kalian, wahai penghuni kubur, dari (golongan) orang-orang beriman dan orang-orang Islam, semoga Allah merahmati orang-orang yang mendahului kami dan orang-orang yang datang belakangan. Kami insya Allah akan menyusul kalian, saya meminta keselamatan untuk kami dan kalian.

Barangsiapa yang memasuki areal kuburan, lalu mengucapkan (salam tersebut), Allah memberinya pahala kebaikan 50 tahun, dan mengampuni dosanya serta dosa kedua orang tuanya 50 tahun.

Kedua: Membaca
Surat Al-Qadar (7 kali),
Surat Al-Fatihah (3 kali),
Surat Al-Falaq (3 kali),
Surat An-Nas (3 kali),
Surat Al-Ikhlash (3 kali)
Ayat Kursi (3 kali).

Ketiga membaca doa berikut ini (3 kali):

ALLÂHUMMA INNÎ AS-ALUKA BIHAQQI MUHAMMADIN WA ÂLI MUHAMMADAN LÂTU’ADZDZIBA HÂDZAL MAY¬YIT.

Artinya : Ya Allah, aku memohon pada-Mu dengan hak Muhammad dan keluarga Muhammad janganlah azab penghuni kubur ini.

Kedatangan orang ke kuburan atau makam dengan maksud mendo’akan untuk dikuburkan atau dimakamkan dan mengirim doa untuknya dengan pahala membaca ayat-ayat dari Al-Quran dan kalimat thoyibah, seperti tahlil membaca, Tahmid,   sholawat dan lain lain.

Itulah pembahasan pada kesempatan kali ini tentang Bacaan Doa Dan Tata Cara Ziarah Kubur Menurut Islam, artikel ini cocok untuk anda yang hendak berziarah kubur, semoga berguna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *