Cara Membersihkan Dashboard Mobil Dengan Mudah

Diposting pada

Cara membersihkan dashboard mobil dengan mudah – Agar tampilan interior mobil kita terlihat labih bagus dan menarik maka salah satu cara yang bisa dilakukan dengan mudah adalah dengan membersihkan dashboard pada mobil anda yang mana dashboard mobil anda tersebut bisa saja terlihat kusam dan tidak menarik.

Cara Membersihkan Dashboard Mobil Dengan Mudah
Cara Membersihkan Dashboard Mobil

Ada beberapa penyebab dashboard mobil anda menjadi terlihat kotor yaitu diantaranya adalah karena menghiasi dashboard dengan pengharum, sehingga bisa saja tetesan parfum tersebut bisa sedikit merusak lapisan kulit pada dashboard.

Penyebab lain yang bisa menjadikan dashboard kotor adalah karena adanya perekat atau bekas perekat yang terkadang susah dihilangkan, atau penyebab lain juga bisa karena debu sebab dashboard jarang dibersihkan, berikut ini kami beritahu kepada anda terutama para pemilik mobil yang ingin agar dashboard pad amobilnya menjadi bersih sehingga terlihat bagus.

Cara membersihkan dashboard mobil dengan mudah dan praktis

  • Sebaiknya mobil dicuci terlebih dahulu sebelum mulai membersihkan dashboard agar kita lebih mudah dalam membersihkan dashboardnya.
  • Kosongkan permukaan dashboard dan angkat semua benda-benda yang ada diatas dashboard, seperti boneka, kotak perfume, tempat tissue, dan pernak-pernik lainnya dan masukkan kedalam satu wadah tertutup.
  • Siapkan air sabun, Siapkan kuwas kecil, atau kuwas untuk melukis yang sedang besarnya. Busa pencuci mobil, lap chamois dan lap katun bersih yang lembut dan kering.
  • Campurkan dan aduklah shampo dan air secukupnya kedalam wadah sedang dan kocok dengan tangan agar busanya merata. Lalu ambil lap chamois atau busa dan celupkan kedalam air busa tadi. Jagalah jangan kebanyakan air di lap chamois atau busa tadi agar tidak meleleh dan malah membasahi atau mengotori jok atau karpet mobil sobat.
  • Sikat permukaan dashboard mobil anda dengan lembut dan merata, jangan menekan terlalu keras permukaan dashboard yang mungkin akan membuat dashboard retak atau malah pecah.
  • Apabila kotoran terlalu tebal, tambahkan shampoo diatas lap chamois atau busa ke mudian gosokkan langsung ke permukaan dashboard yang kotorannya tebal itu. Ulangi beberapa kali sampai kotorannya hilang dan permukaan dashboard menjadi bersih.
  • Peraslah lap chamois sobat sampai tidak ada lagi air yang menetes dari lap, kemudian sekalah panel-panel itu dengan lembut dan merata, demikian juga kaca panel, usap dengan lembut dan jangan ditekan terlalau keras, sebab akan dapat membuat retak ataupun pecahnya permukaan panel instrument itu.
  • Saat semua permukaan dashboard mobil diseka dengan air sabun, lalu cuci dan bilaslah lap chamois tadi sampai benar-benar bersih dari busa shampoo tadi, Kemudian dengan lap chamois yang telah bersih dan agak lembab tadi sekalah sekali lagi permukaan dashboard hingga merata dan bersih hingga kering. Ulangi sekali lagi sampai bekas air sabun benar-benar bersih dari permukaan dashboard.
  • Sesudah semua permukaan dashboard kering, selanjutnya kita akan melapisi permukaan dashboard dengan chemical pelindung plastic, Polyturethane dan vinyl.Banyak merek obat pelindung ini dijual di toko assesories mobil. Mulai yang harganya ekonomis, sampai yang cukup mahal seperti KIT interior, Sonax, Son Of Gun, 3M, Autoglim, Wurth dan lain sebagainya tergantung budget sobat.
  • Setelah permukaan dashboard bersih dan benar-benar kering, kita dapat mulai melapisi permukaan dashboard dengan chemical pelindung tadi.
  • Semprot cairan pelindung ke permukan dashboard. Boleh disemprot sekaligus atau bagian demi bagian. Setelah semua permukaan dashboard disemprot cairan pelindung dengan merata, gosoklah permukaan dashboard dengan lap kering dan bersih dengan gerakan memutar dan cukup tekanan, hingga rata. Celah-celah yang sulit dijangkau tangan, dapat disapukan dengan kuwas bersih hingga rata.
  • Pada permukaan panel instrument, gosok dengan lembut dan jangan ditekan terlalu keras, agar tidak retak atau pecah.
  • Pada bagian dengan bercak kotoran yang membandel langkah diatas, dapat diulang beberapa kali hingga kotoran hilang dan permukaan menjadi bersih mengkilap.
  • Langkah selanjutnya cukup di lap dengan lap katun kering dan bersih. Obat pelindung yang berkwalitas bagus mampu menjaga kebersihan dan melindungi dashboard dari teriknya matahari hingga beberapa bulan.

Baca juga: Cara Membersihkan Kaca Helm Dengan Odol

Itulah pembahasan singkat tentang cara membersihkan dashboard mobil dengan mudah, semoga dengan membaca artikel ini para pembaca yang memiliki mobil ataupun anda yang merupakan orang dengan profesi driver atau sopir bisa mempraktekannya hingga dashboard pada mobilnya menjadi bersih dari sebelumnya, sekian dan terimakasih semoga selamat sampai tujuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *