Awal Bulan Puasa Ramadhan 1438 H 2017

Diposting pada

Awal Bulan Puasa Ramadhan 1438 H Menurut Nu Muhamadiyah – tidak lama lagi kita akan masuk bulan ramadhan dimana bagi kita umat muslim diwajibkan ibadah puasa bagi umat muslim sebagai mana Allah mewajibkan puasa kepada umat sebelum kita dan puasa ramadhan perlu di perhatikan dan di laksanakan dengan tertib sebagaimana mengerjakan rukun islam seperti sholat zakat dan hajinya bagi yang mampu melaksanakannya.

Awal Bulan Puasa Ramadhan 1438 H 2017
Awal Bulan Puasa Ramadhan 1438 H 2017

Ibadah puasa ramadhan itu harus sesuai dengan waktu yang ditetapkan bahwa hari itu sudah benar benar masuk bulan ramadhan, bagi kita sebagai masyarakat  untuk mengawali melaksanakan ibadah puasa wajib ramadhan, menunggu hasil keputusan pemerintah  melalui sidang itsbat yang di umumkan oleh kementrian agama, mari kita tunggu bersama-sama.

Untuk menentukan awal bulan puasa  ramadhan 1438 H atau di tahun sebelum dan seterusnya di indonesia ini menggunakan 2 metode perhitungan yaitu metode hisab rukyatul hilal hilal dan metode hisab hakiki wujudul hilal. metode rukyatul hilal digunakan oleh pemerintah, NU dan warga NU. Metode hisab hakiki wujudul hilal digunakan oleh ormas dan warga Muhammadiyah.

Penentuan awal puasa ramadhan 2017 (1438 H) hasil sidang isbat pemerintah, NU,Muhammadiyah insyaallah   diperkirakan akan berbarengan  jika ada perbedaan  mari kita saling menghargai, dan sekarang ini media informasi sudah di miliki setiap perorangan baik itu kategori televisinya, gadget, dan jenis lainnya maka ketika sidang itsbat tersebut sedang di lakukan maka kita mendengarkannya hingga akhir lewat media tersebut. supaya kita bisa tahu kapan mulai awal puasa.

Jika melihat  dari kalender hijriyah yang telah di tentukan serta sudah tersebar di masyarakat maka AWAL BULAN RAMADHAN 2017 JATUH PADA TANGGAL 27 MEI HARI SABTU.namun di karenakan dalam sebuah hadits di terangkan :

صوموا لرؤيته وأفطروا لرؤيته، فإن غبي عليكم فأآملوا عدة شعبان ثلاثين

Dari Abu Hurairah Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
Yang Artinya :  berpuasalah jika telah melihat hilal dan berhari rayalah bila telah melihat hilal, apabila terhalang oleh mendung maka sempurnakanlah bulan sya’ban menjadi tiga puluh hari”. (HR Bukhari dan Muslim).

Kementrian agama yang dalam hal ini diberi wewenang secara formal untuk menetapkan dan mengumumkan awal dan akhir Ramadan, telah berupaya melakukan proses penetapan dengan upaya maksimal supaya terpenuhi standar syar’i serta menggunakan kemajuan teknologi, mereka juga telah menyertakan berbagai elemen dan ormas islam di masyarakat. dengan demikian, kementrian agama telah melalui mekanisme yang baik.

Itu saja yang dapat kami sampaikan kepada anda mengenai Awal Bulan Puasa Ramadhan 1438 H 2017, semoga berguna bagi anda yang ingin segera melaksanakan ikhtiar ibadah tarawih di malam harinya dan ibadah puasa pada siang harinya, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *