Cara mengemudikan mobil matic

Diposting pada

Cara mengemudikan mobil matic – kehadiran mobil matic memang sangat mempermudah pengemudi untuk melakukan perpindahan transmisi, dengan transmisi otomatis ini maka akan memberikan kemudahan terutama saat keadaan macet di jalan. Walaupun transmisi sudah otomatis tapi pengemudi juga harus mempelajari cara menggunakan transimis otomatis juga harus tahu cara oper gigi mobil matic dan kapan harus mengganti persneling atau gigi ke D1, D2 dan D3 dengan konsep tersebut maka sistem akan membatasi transmisi untuk perpindahan gigi.

Cara mengemudikan mobil matic

Pemakaian mudahnya untuk D, D3, D2, D1 kurang lebih seperti ini:

  •     D = untuk jalanan datar atau tanjakan gradual Mobil bisa mencapai kecepatan maksimum pada gigi ini
  •     D3 = untuk jalanan agak menanjak
  •     D2 = untuk jalanan menanjak
  •     D1 = untuk jalanan menanjak tanjakan yang agak curam

Sebelum mulai menyetir roda 4 maka pengemudi sebelumnya harus memperhitungkan muatan mobil dan kemampuan mesin, muatan penumpang berjumlah 2 orang beda dengan jumlah penumpang 7 orang, semakin berat muatannya semakin susah diajak nanjak misalnya di flyover jalan tol perkotaan, saat kedaan lengan maka mobil anda bisa mencapai top speed 90 km per jam, saat posisi transmisi di D dengan beban yang tidak terlalu berat maka mobil  bisa dengan mudah menanjak naik.

Jika anda tinggal di perkotaan yang cukup banyak kendaran yang lewat maka gigi D pun sebenarnya sudah mencukupi terutama jika melewati jalan tanjakan yang tidak curam.

Limit kecepatan maksimum pindah gigi ada di kecepatan bukan di RPM, berikut ini adalah cara switch gigi antara D1mD2 dan D3:

  1. Switch ke D1 bisa dilakukan dengan maxnya sampai rangenya gigi 1
  2. Switch ke D2 bisa dilakukan dengan maxnya sampai rangenya gigi 2
  3. Switch ke D3 bisa dilakukan dengan maxnya sampai rangenya gigi 3

Jika anda ingin melakukan perpindahan gigi dari D ke D3 maupun D2 dan D1, sebaiknya tidak perlu menekan rem secara penuh.

Baca juga: Cara setting karburator motor matic

Demikianlah cara mengemudikan mobil matic, semoga menambah wawasan anda dan menambah pengetahuan anda sehingga anda sekarang tahu cara mengemudikan atau mengendarai mobil matic bisa untuk mobil avanza, honda jazz maupun toyota innova.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *