Cara Membuat Lampu Hazard / Lampu Sein Nyala Semua Di Motor

Diposting pada

Cara Membuat Lampu Hazard – Kita sebagai pengguna kendaraan bermotor sudah tentu atau apa itu lampu hazard, tapi bagi yang belum tahu maka kami akan menjelaskannya kepada anda bahwa lampui hazard adalah lampu sein yang akan menyala dua-duanya depan belakang bersamaan baik itu di motor ataupun di mobil, anda hanya perlu untuk menekan tombol yang telah disediakan oleh pabrikan biasanya tombol segitiga merah yang ada pada dashboard mobil, sedangkan pada motor baru-baru ini motor keluaran baru yang agak mahal sudah ada lampu hazardnya.

Cara Membuat Lampu Hazard

Bagi anda yang pada kendaraannya tidak ada lampu hazard maka anda dapat membuatnya sendiri dengan mudah dan simepl yaitu yang perlu dilakukan adalah mengkoneksikan antara lampu sein kiri dan lampu seinkanan, cuma flasher pada motor tidak cukup kuat untuk dapat mengedipkan 4 buah lampu sein, fungsi flasher ini seperti yang pernah kami bahas yaitu berguna untuk dapat mengedipkan lampu.

Tapi tetnang saj abagi anda pemilik kendaraan motor jadi anda dapat membuat lampu hazard dengan bantuan flasher yang biasa digunakan pada mobil agar kuat untuk mengedipkan 4 lampu sein sekaligus,letak flashfer pada sepeda motor itu berbeda akan tetapi pada umumnya ada pada sebelah kanan tidakjauh dengan aki. Baik langsung saja kita ikuti bagaimana cara membuat lampu hazard pada motor.

Cara Membuat Lampu Hazard / Lampu Sein Nyala Semua Di Motor

  1. Pertama kita siapkan alat dan bahan yakni flasher mobil, kabel, saklar, solasi dan obeng.
  2. Bongkar body samping dan cari letak flasher. Jika sudah ketemu silahkan ganti dengan flasher mobil. Pada flasher mobil ada 3 kaki, dua kaki bisa langsung disambungkan dengan socket sedangkan satu kaki lainya silahkan disambung menggunakan kabel dengan body motor.
  3. Apabila pemasangan sudah benar, silahkan nyalakan lampu sein dan lampu sein akan hidup seperti sedia kala. Hanya saja kedipanya lebih cepat.
  4. Nah untuk membuat lampu hazard atau keempat lampu sein menyala bersamaan, silahkan bongkar batok lampu. Cari kabel positif kedua lampu sein (kanan dan kiri)
  5. Kalau sudah ketemu sambungkan keduanya. Agar lampu sein tetap bisa digunakan seperti sedia kala gunakan saklar untuk menyambungnya.
  6. Akhirnya lampu hazard di sepeda motor anda sudah jadi. Posisikan saklar pada posisi on dan hidupkan lampu sein, maka keempat lampu sein akan hidup bersamaan. Untuk menonaktifkan lampu hazard tinggal geser saklar ke posisi “off” maka lampu sein akan menyala seperti sedia kala.

Itulah cara membuat lampu hazard di motor dengan mudah dan simpel, apabila anda memang benar-benar mau diterapkan pada motor maka gunakanlah secara bijak supaya tidak membingungkan pengendara lain baik itu yang berada di belakang anda ataupun di depan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *