Cara Buka Filter Oli Mobil Tanpa Alat

Diposting pada

Cara buka filter oli mobil tanpa alat – fungsi filter oli ini adalah untuk menyaring setiap oli yang bersirkulasi dalam mesin supaya kotoran yang ada tidak nyangkut tersirkulasi, sebagaimana parts lainnya pada mobil maka filter oli ini adakalanya harus diganti segera secara berkala dalam jarak tempuh mobil sekian ribu kilometer agar proses penyaringan lebih maksimal dengan adanya filter oli yang baru agar awet itulah pentingnya mengganti saringan oli.

Cara buka filter oli mobil tanpa alat
Cara buka filter oli mobil

Perlu anda ketahui bahwa bahan filter oli terbuat dari kombinasi logam serta kisi-kisi elemen yang terbuat dari bahan kertas yang secara khusus dirancang untuk menyaring kotoran pada oli, biasanya apabila mobil anda telah mencapai jarak tempuh 10 ribu kolometer maka filter oli dianjurkan untuk diganti dengan yang baru, namun apabila anda mencoba untuk mengganti filter oli, terlebih dahulu anda harus mengetahui cara membuka filter oli baik dengan alat maupun tanpa alat.

Pada filter oli ini terdapat katup by-pass tau dalambahasa kita disebut sebagau katup pembebas yang berfungsi untuk jika filter oli tersumbat disebabkan karena kotoran maka katup ini akan segera membuka lalu mengalirkan oli kedalam mesin namun masalahnya adalah oli yang masuk ke mesin ini adalah oli yang telah kotor, sebab itulah mengganti filter oli secara berkala adalah salah satu hal penting untuk ke awetan mobil anda.

Cara buka filter oli mobil dengan alat

Segera siapkan alat untuk membuka filter oli, caranya dengan menggunakan kunci khusus untuk filter oli yang banyak di jual di pasaran.

  1. Bersihkan area sekitar filter oli sebelum filter oli yang baru akan di pasang
  2. Lumasi dengan sedikit pelumas karet sebelum memasang filter oli yang baru, saat memasang pastikan masuk ke ulir dengan mudah, karena kalau sampai miring pasti akan tearjadi kebocoran.
  3. Keraskan filter oli menggunakan kunci filter oli dengan sedikit saja jangan terlalu kuat karena bisa merusak karet atau seal yang bisa menyebabkan kebocoran.
  4. Siapkan oli mesin yang baru lalu isi oli mesin dan hidupkan mesin, cek apakah ada kebocoran, off mesin dan cek kembali jumlah oli apakah berkurang, apabila kurang ya tambahkan saja hingga pas.

Untuk membuka filter oli mobil tanpa alat sepertinya hingga saat ini kami belum menemukan caranya, untuk itu agar lebih aman sebaiknya jika anda ingi buka filter oli mobil sebaiknya dengan menggunakan alat saja yaitu dengan kunci filter oli. Cara diatas bisa juga untuk cara mengganti filter oli mobil avanza ataupun mobil lainnya.

Daftar Harga Filter Oli Avanza Dan FIlter Oli Innova

  • Harga filter oli Avanza : Rp 35.000
  • Harga filter oli Innova : Rp 32.500

Pentingnya mengganti saringan oli

Jumlah oli biasanya akan bertambah dari pada hanya ganti mesin saja. Saran saja bahwa jangan membeli filter oli yang tidak jelas asal usul mereknya dan asal murah, sebab filter oli yang murah umumnya di dalamnya tidak terdapat katup by-pas dan juga kemampuan menyaringnya terasa kurang cukup baik, ganti saja dengan menggunakan sparepart aslinya.

Baca juga:

cara memperbaiki aki kering

cairan perontok dempul mobil

Demikian info tentang cara mengganti filter oli mobil, semoga artikel ini berguna bagi anda yang hendak mengganti filter oli mobil anda dengan yang baru agar mobil lebih awet kedepannya sehingga meminimalisir kerusakan yang terjadi pada bagian mesin karena itu terasa Pentingnya mengganti saringan oli. Kesimpulannya sebaiknya anda menggunakan kunci filter oli untuk membuka filter oli dibandingkan tanpa alat karena cara buka filter oli mobil tanpa alat itu tidak mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *