Bagaimana Niat Dan Bacaan Doa Mandi Wajib Setelah Haid?

Diposting pada

Bagaimana Niat Dan Bacaan Doa Mandi Wajib Setelah Haid? simak jawabannya berikut ini: Doa mandi wajib setelah haid secara lengkap dalam bahasa arab, tulisan latin dan terjemahannya yang akan kami bagikan kepada anda pada halaman ini. Untuk itu Perlu kita pahami baik laki-laki maupun perempuan, walaupun haid terjadinya pada jiwa perempuan karena siapa tau nanti seorang laki-laki punya istri yang masih belum tau niat dan doa madi wajib setelah haid, kan itu kewajiban yang memberikan penjelasan adalah seorang suami. Kalau seandainya suami tidak bisa memberikan penjelasan maka itu hukumnya dosa besar.

Bagaimana Niat Dan Bacaan Doa Mandi Wajib Setelah Haid?
Bagaimana Niat Dan Bacaan Doa Mandi Wajib Setelah Haid?

Nah supaya kita nanti baik perempuan atau pun laki laki tidak termasuk dosa dengan adanya hal seperti itu, alangkah baiknya dari sejak kini kita terlebih dahulu mengetahui doa dan tata cara mandi wajib setelah Haid, karena seorang perempuan kalau seandainya sehabis haid tidak melaksanakan mandi wajib terus melaksanakan shalat maka sholatnya tidak syah karena suci dari haid itu termasuk salah satu syaratnya sholat.

Mandi wajib setelah haid sama halnya dengan cara mandi wajib setelah melahirkan (Wiladah) atau mandi junub, yaitu mandi yang perlu dilakukan oleh seorang muslim untuk membersihkan dirinya dari hadas besar dengan melakukan rukun-rukun yang telah di tetapkan dalam agama islam salah satunya adalah niat dalam hati, dan membasahi seluruh anggota badan yang dhahir, minimal dengan menyiramkan air ke seluruh badan dari ujung rambut hingga ujung kaki secara merata.

Bagaimana Niat Dan Bacaan Doa Mandi Wajib Setelah Haid?

Ini Jawabannya berikut ini adalah tata cara niat dan doa mandi wajib  dalam bahasa arab, latin lengkap dengan artinya dengan memiliki dua kewajiban ( rukun ) diantaranya:

1. Niat dalam hati sedangkan membaca niat dalam lisan itu hukumnya sunat sebagai mana bacaan doanya adalah:

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ الْحَيْضِ ِللهِ تَعَالَى

NAWAITUL GHUSLA LIROF’I KHADATSIL KHAIDHI LILLAAHI TA’AALAA

Artinya :Saya niat mandi untuk menghilangkan hadats haid karena Allah Ta’ala

2. Membasu seluruh tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki secara merata.

Adapun tata cara membaca do’a atau niat mandi wajib itu ialah bersamaan dengan Air ketika kena kesebahagian tubuh kita, misalnya kita memulai membasuh badan dari kepala maka begitu air kena kekepala maka disitulah Niat dibacakannya, tapi kalau seandainya kepala sudah dibasuhi bahkan air sudah mengalir sampai kepundak baru membacakan Niat itu kepala hukumnya masih belum suci yang diperhitungkan sucinya adalah dari pundak kebawah, maka kepala wajib dibasuh ulang kembali.

Hal-Hal Yang Sunnah Sebelum Mandi Wajib

1. Mendahulukan membasuh semua kotoran dan najis yang ada di badan
2. Membaca ” Bismillaahir-rahmaanir-rahiim” pada awal mandi
3. Menghadap kiblat sewaktu mandi dan mendahulukan bagian kanan dari pada kiri
4. Membasuh badan sampai 3x (tiga kali)
5. Membaca doa sebagaimana membaca doa sesudah berwudhu
6. Mendahulukan mengambil air wudhu, yakni sebelum mandi disunakan berwudhu terlebih dahulu

Itulah jawaban tentang Bagaimana Niat Dan Bacaan Doa Mandi Wajib Setelah Haid? semoga bermanfaat bagi anda semuanya, sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *