Cara Ngecas Aki Kering Sendiri

Diposting pada

Apakah anda ingin tahu cara ngecas aki kering sendiri dan mungkin anda termasuk orang yang mengira aki kering tidak bisa di cas sebagaimana aki basah, jika ya maka jangan buang dulu aki bekas motor atau kendaraan anda karena aki kering ternyata bisa dicas, sebagaimana kita tahu bahwa harga aki kering itu lebih mahal dibanding dengan aki basah, jadi sayangkan jika aki kering dibuang begitu saja padahal boleh jadi masih bisa dicas atau diperbaiki.

Cara ngecas aki kering sendiri
Cara ngecas aki kering sendiri

saat orang membeli aki baru ada yang membawa aki lama dengan tujuan agar bisa di tukar tambah sehingga harga pembelian aki baru menjadi lebih murah, ya itu sudah lumrah kaena kali aki disimpan terus-terusan dirumah untuk apa kanlebi baik dijual atau tukar tambah.

Cara ngecas aki kering sendiri

Apabila hendak membeli aki baru sebaiknya dicek apakah aki tersebu kw atau original, karena jika anda dapat yang kw maka aki tsb akan cepat rusak, sebaliknya jika beli yang ori setidaknya bisa lebih awet dibanding yang kw walau harga lebih murah. Jadi cara ngecas aki kering adalah bawa saja ke penjual, maka si penjual tersebut akan segera mengecek apakah aki itu masih bisa dicharger atau sudah tidak bisa dicas sama sekali.

Jadi apabila anda memiliki perlengkapan untuk mengecas aki kering sendiri silakan bisa dicoba, namun apabila anda tidak memiliki tools atau alat yang mendukung untuk ngecas aki kering, sebaiknya anda serahkan saja ke ahlinya karena ongkosnya pun murah sekitar 10 ribuan, dibanding anda tidak punya tools atau harus membeli peralatan untuk ngecas aki yang harganya lebih mahal dari harga aki original itu sendiri.

Setelah aki dicas biasanya kekuatannya sekitar 70-75 persen dari aki baru, namun itu pun sudah lumayan dibandingkan dengan harus beli aki baru lagi, lebih menghemat, setelah aki kering dicas lagi setidaknya bisa bertahan walaupun mungkin hanya beberapa bulan saja.

cara cas aki kering sendiri:

Bagi rekan-rekan yang mempunyai aki kering tidak bisa di cas lagi atau tidak bisa menyimpan setrum lagi aki kering nya sebaik nya jangan dibuang. Sebab aki kering masi bisa di perbaiki, langkah pertama adalah pertama kita buka penutup aki yg ada bacaan jangan di buka. Lalu kita buka dengan menggunakan pisau cutter lalu kita gesek gasek pinggir kanan kiri dan atas bawah penutup atas nya dan kita angkat menggunakan cutter itu. Dibawah penutup itu ada karet-karet penutup lubang-lubang kita buka lalu kita isi dengan air akisir, sebanyak sepulu mililiter pada jarum suntikan untuk mengisi tinta printer. kemudian tutup kembali karet-karet itu dan penutup atas nya juga. Karena penutup atas nya tidak bisa rapat lagi kita rapatkan menggunakan solder agar supaya rapat lagi. Setelah itu kita cas kembali aki nya. Aki nya normal kembali seperti baru dan ketahanan aki ini lumayan bisa sampai 3 tahun. Jadi kesimpulannya jangan lah membuang aki kering yg sudah tidak bisa dicas atau tidak bisa menampung setrum lagi karena masi bisa kita perbaiki lagi walau tidak sebaik barunya.

Demikianlah sedikit informasi tentang cara ngecas aki kering sendiri, jadi kesimpulannya secara teknis cara charge aki kering sendiri itu tidaklah mudah dan membutuhkan peralatan atau tools yang memadai, jadi disarankan serahkan saja kepada ahlinya karena biaya cas aki itu ternyata murah tidak mahal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *